Apa sih lolita itu?

Apa sih lolita itu?

Banyak orang Indonesia yang belum begitu tahu lolita fashion, ketika kami mendapat pesanan dari pelanggan Coruscate Unique di Indonesia, mereka memakainya untuk event cosplay, beberapa masih kurang edukasi tentang lolita fashion dan menyebutnya cosplay.


Walaupun di website kami kebanyakan membuat lolita fashion, kami masih sering diminta untuk membuat cosplayヽ(●´ε`●)ノ ♪♫



Yang paling penting di Lolita Fashion itu memperlihatkan SEDIKIT sekali kulit, jadi tertutup dan sopan, Kebanyakan panjang roknya selutut atau lebih panjang, tapi lolita brand sekarang ini mulai produksi gaun di atas lutut, tapi tidak pernah sepaha.


Apa itu Lolita ?

Lolita (ロリータ) adalah fashion asli Jepang, pemakainya (yang juga disebut Lolita) ingin terlihat seperti boneka yang lucu dan imut. Fashion ini terinspirasi pada era Rococo dan Victorian tetapi juga mengambil tren fashion saat ini. 


Lolita adalah Fashion dari Jepang yang terpengaruh pada fashion asli Eropa pada era Rococo atau Victorian yang di combine dengan era fashion masa sekarang, singkatnya kalau sering menonton film tentang Marie Antoinette atau sejenisnya, dari situlah awal mula Lolita Fashion berasal.


Rococo


Sering orang salah paham dan mengartikan lolita sebagai simbol lelaki dewasa penyuka anak2 dikarenakan novel Vladimir Nabokov (Lolita) , tetapi "Lolita" dan Lolita Fashion adalah 2 hal yang sangat berbeda.

Lolita Fashion mempunyai berbagai macam style, dan umumnya dipakai oleh perempuan. Pria yang ingin memakai fashion ini sering beralih ke Ouji (fashion unisex berhubungan dengan Lolita), atau mode gothic Jepang. Namun juga ada laki-laki cross-dressing (atau dikenal sebagai brolitas). 

Salah satu ikon paling terkenal Lolita, Mana, yaitu gitaris Malize Mizer, dia adalah pria cross-dressing (・ω・)ノ ♪♫


Iya betul sekali, dia LELAKI


Lolita fashion sebetulnya udah ada sejak 2000 tapi tidak begitu booming, karena Mana lah busana ini terkenal di seluruh dunia, dia punya line fashion sendiri bernama Moi-même-Moitié dengan style EGL (Elegant Gothic Lolita).





Mana memakai Moi-Même-Moitié

Dari tahun 2000 sampai sekarang, Lolita fashion telah melalui metamorfosis. Desain awalnya agak sederhana, seringnya warna hitam atauputih dengan nama Gothic Lolita, Kuro Lolita dan Shiro Lolita, kemudian muncul Ama Lolita atau Sweet Lolita dengan warna pastel. 



Coruscate Unique Ama Lolita

Hingga 2005, lolita fashion muncul dengan motif kain yang sederhana,motif kain yang unik belum masih jarang. Selama tahun 2006, merek Angelic Pretty memperkenalkan Ama Lolita seperti sekarang ini. Motif kainnya lebih rumit dan imut. Gaya berubah dari tampilan yang lebih klasik, untuk lebih kekanak-kanakan dan lucu. Ama Lolita saat ini paling populer dari semua gaya Lolita.




Coruscate Unique lebih memilih style classic lolita yang elegant dan sesekali membuat ama/sweet lolita yang imut. ヽ(●´ε`●)ノ




lolita fashion
Classic Lolita

Coruscate Unique
Coruscate Unique Classic Lolita


Lolita Sebagai Lifestyle & Gaya Hidup


Di Jepang, fashion yang dipakai sehari-hari sebagai gaya hidup ini banyak berkembang di negara Eropa, Amerika, Philiphina, Singapore tetapi kebanyakan dari mereka tidak 100% menjadi Lolitas dengan berpakaian lolita sehari-hari seperti di Jepang. 

Karena itu mereka membuat Lolita meet-up sebagai event untuk berdandan lolita dan menunjukkan cinta mereka kepada lolita fashion.


Coruscate Unique Lolita Meet Up


Coruscate Unique Lolita Meet Up


Anatomi Lolita Fashion


Umumnya mereka memakai "perlengkapan" fashion seperti ini walaupun tidak mutlak. Aturan yang pasti harus menunjukkan sedikit sekali kulit, jadi serba tertutup (kecuali Ero Lolita).







Lolita Style

Ada banyak sekali lolita style, dan semakin berkembang dengan kreatifitas penggemarnya.

Terpopuler : 

Gothic Lolita - Sweet Lolita / Ama Lolita - Shiro Lolita - Kuro Lolita - Hime Lolita



Casual Lolita - Classic Lolita - Country Lolita - Sailor Lolita - Punk Lolita





Pada perkembangannya, style lolita semakin bertambah 





Hanya 1 yang sama dari lolita, bahan yang digunakan harus yang terbaik. Mulai dari katun, renda, motif, pita. Mereka ga akan memakai renda jelek yang membuat badan gatal atau satin mengkilat murah. Dan lolita fashion sedikit memperlihatkan kulit. Karena itu Coruscate Unique pun memberikan yang terbaik  ( ^ω^ )

Para Lolitas menyebut mereka Ita, atau juga menyebut Lolita Cosplay. Berikut ini contoh lolita cosplay / ita :






Sengaja kami beri banyak contoh Ita / cosplay lolita biar lebih mudah membedakan Lolita dan Ita (▰^o^▰)

Sudah dapat gambaran tentang "Apa sih lolita itu?"  


0 comments:

Post a Comment

 
Coruscate Unique Edited by Agen